Call Center 0231 206330
Introduction, The Integrated Lung Center ( Pusat Pelayanan Paru Terpadu ) RSUD Gunung Jati Kota Cirebon
Introduction, The Integrated Lung Center ( Pusat Pelayanan Paru Terpadu ) RSUD Gunung Jati Kota Cirebon

       Sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 364/Menkes/SK/V/2009 tentang Pedoman Nasional Penanggulangan Tuberkulosis mengamanatkan bahwa penanggulangan terhadap TB merupakan program nasional yang wajib dilakukan oleh setiap institusi pelayanan kesehatan dan menjadi dasar bagi semua pelaksanaan penanganan TB. Mengingat pelaksanaan pelayanan TB di rumah sakit sangat rumit dengan keterlibatan pelbagai bidang disiplin ilmu kedokteran serta penunjang medis, baik di poliklinik, maupun bangsal bagi pasien rawat jalan dan rawat inap serta rujukan pasien dan spesimen. Maka dalam pengelolaan TB di rumah sakit dibutuhkan manajemen tersendiri dengan dibentuknya Tim DOTS di Rumah Sakit.

       Pada tanggal 27 Juni 2012, RSUD Gunung Jati Kota Cirebon telah membentuk kembali Tim Pengendali Penyakit Menular Tuberkulosis dengan Strategi DOTS melalui Surat Keputusan Direktur RSUD Gunung Jati Kota Cirebon nomor 443.22/Kep.148-RSUD.GJ/2012 yang selanjutnya disebut Tim DOTS RSUD Gunung Jati Kota Cirebon. Tim DOTS RSUD Gunung Jati Kota Cirebon menjalankan Pelayanan Pengendalian Penyakit Menular TB dengan Strategi DOTS di RSUD Gunung Jati Kota Cirebon pada tanggal 2 Oktober 2012 berdasarkan Surat Keputusan Direktur RSUD Gunung Jati Kota Cirebon nomor 440/Kep.230-RSUD.GJ/2012.

            


Tanda Dan Gejala Tuberkulosis Tanda Dan Gejala Tuberkulosis

Tuberculosis (TBC) merupakan penyakit menular yang masih menjadi perhatian dunia. Hingga saat ini, belum ada satu negara pun yang bebas TBC. Angka kematian dan kesakitan akibat kuman mycobacterium tuberculosis ini pun tinggi.


Gejala utama


Batuk terus-menerus dan berdahak selama tiga pekan atau lebih.


Gejala tambahan yang sering dijumpai



  • Dahak bercampur

Kontak

RSUD Gunung Jati CirebonJl. Kesambi No.56 Cirebon

Tentang Kami

Jujur, berani, profesional adalah pola sikap, pola pikir dan pola tindak yang harus diterapkan dalam menjalankan tugas dan pekerjaan. Jujur dalam menjalankan tugas dan pekerjaan, tidak ditumpangi oleh kepentingan-kepentingan pribadi atau golongan. Berani mengatakan yang sebenarnya dengan bijaksana dan tegas menegakkan aturan. Profesional sesuai dengan standar dan kode etik profesi masing-masing tenaga kesehatan.

Temukan Kami